Jumat, 16 Juni 2017

KEWIRAUSAHAAN : CARA MEMBUAT LAMPION BENANG





Lampion adalah sejenis cahaya yang dibungkus dengan kertas.Biasanya cahaya yang dimasukkan didalam kertas ada yang berupa lilin, lampu dan semacam lainnya.Suasana kumpulan lampion membuat nyaman dan indah.Komposisi warna yang indah dipadukan dengan gelapnya malam memiliki pesona alam yang begitu luar biasa.
Lampion  benang adalah suatu kerajinan tangan yang berbahan dasar dari benang dengan dibentuk sebagai tempat lampu bolam. Lampion ini biasanya dibuat ileh seorang pengusaha kerajinan lampu karena banyak sekali para pecinta kreasi craft yang mencari lampu hias rumah maupun tempat tidur ini karena murah namun unik. Mau tahu cara membuatnya? Berikut ulasan ringkasnya.
Tapi lampion yang ada di makalah ini bukan lampion seperti biasa, lampion ini adalah Lampion Benang. Lampion Benang, merupakan lampu tidur berbahan benang jahit berhiaskan kain flanel yang dapat dibuat karakter seperti karakter nama, karakter kartun atau karakter klub bola.
Usaha membuat Lampion dari bahan benang jahit merupakan jenis usaha yang memiliki target pasar yang masih sangat luas. Lampion ini biasanya digunakan untuk lampu tidur dan hiasan.Karya yang satu ini salah satu contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan namun tentunya dengan modal kecil. Berikut proses pembuatannya.
ALAT DAN BAHAN:
1.            Balon
2.            Benang Jahit
3.            Lem Kayu    
4.            Kain Flanel (untuk hiasan)
5.            Kuas
6.            Gunting
7.            Gelas Plastik Bekas Minuman
8.            Bohlam min 5 watt
9.            Stand Lampu dilengkapi kabel dan colokan listrik

CARA MEMBUAT:
1.      Tiup balon hingga mencapai ukuran kecil/sedang (jangan terlalu besar  yaaa,nanti benang yang dibutuhkan semakin banyak dan semakin lama bikinnya).
2.      Masukkan lem kayu ke dalam gelas plastik dan campurkan dengan air secukupnya (jangan terlalu encer yaa nanti lama keringnya dan daya rekatnya kurang).
3.      Setelah lem tercampur lalu gunakan kuas untuk melapisi seluruh permukaan balon dengan lem.
4.      Mulai melilitkan benang ke balon (lilitannya acak saja).
5.      Setelah terlihat agak tebal lapisi seluruh permukaan benang dengan lem lagi dan lilit kembali dengan benang, begitu seterusnya sampai beberapa kali pengulangan (sesuai keinginan.
6.      Kemudian lapisi seluruh permukaan benang di lapisan terluar dengan lem.
7.      Keringkan dengan cara digantung (jangan dikeringkan di bawah sinar matahari nanti balon bisa meletus dan jangan diletakkan di lantai karena balon dapat menyusut)
8.      Setelah mengering buatlah lubang di bagian bawah balon, keluarkan balon yg ada di dalam, gunting kain flanel sesuai dengan karakter yang ingin dibentuk, tempelkan
9.      Satukan balon benang karakter dengan lampu dan stand lampunya

Rencana Anggaran Biaya  :
No
Nama Bahan
Harga Bahan
1.     1 
2 buah benang @ 2.000
Rp  4.000,-
2.     2
Balon
Rp     500,-
3.      3
Lem
Rp 5.000,-
4.     4
Bola Lampu
Rp   2.000,-
5.      5
Colokan
Rp   3.000,-
6.      6
Piting
Rp   5.000,-
7.      7
1 meter kabel
Rp   5.000,-
8.      8
Pernis
Rp 10.000,-

Jumlah
Rp 34.500,-

Harga jual lampu lampion benang karakter ini dipasarkan sekitar Rp 100.000-.

Sumber :
http://zhahab.blogspot.com/2013/12/lampion-cara-membuat-kerajinan-tangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERBARU

MENDIDIK ANAK DENGAN CINTA DAN KASIH SAYANG

Kasih sayang merupakan komponen dasar yang utama dalam proses pendidikan dan pembentukan karakter atau akhlak anak. Seorang guru ...