Minggu, 18 Juni 2017

KEWIRAUSAHAAN : PEMANFAATAN LIMBAH TEKSTIL UNTUK SARUNG BANTAL UNIK



1.      Nama Kerajinan          : Sarung Bantal Sofa
2.      Bentuk Kerajinan        : bangun ruang seperti tabung, setengah lingkaran, balok dan lain-lain.
3.      Bahan dan Alat Kerajinan :
1. Kain perca/kain dan baju yang tak terpakai.
2. Gunting, penggaris, jarum jahit dan benang.
3. Busa bekas dari sarung bantal lama.
4. Aksesoris pelengkap seperti resleting, renda, pita, kancing, payet, dsb.

4.      Teknik Dan Cara Pembuatan
1. Setelah semua bahan siap, ukur dahulu ukuran sarung bantal sebelumnya. Untuk cushion standard ukuran berkisar 30 x 30 cm persegi. Ukur dan gunting kain perca (tergantung kreasi, kain perca dapat di-mix menjadi dua, tiga, atau empat bagian) menjadi 30 x 30 cm.
2. Setelah itu lapisi kain perca ukuran 30 x 30 cm dengan kain perca lagi berukuran sama untuk memperkuat ketahanan kain agar tak gampang robek. Buat dua sisi, depan dan belakang kemudian jahit dan sisakan bagian atas untuk tempat resleting dan menaruh busa.
3. Setelah itu ukur resleting  dan jahit resleting. Untuk mempercantik tampilan sarung bantal anda dapat menambahkan aksesoris lain seperti renda, pita, kancing, dan lain-lain di sisi tengah atau kiri–kanan bantal sesuai ide dan kreasi anda masing masing.
4. Siapkan busa bantal dan taruh ke dalam sarung bantal kreasi anda tadi, dan sarung bantal sofa kain perca anda telah siap untuk ditaruh di furnitur rumah anda.
5. Fungsi Kerajinan :
Untuk furniture ruang tamu
6.      Kesimpulan :
Furnitur di dalam rumah berfungsi selain untuk menghadirkan kenyamanan juga mempercantik tampilan rumah anda. Tampilan rumah yang sederhana pun dapat dibuat lebih berwarna dengan kehadiran furnitur dan pelengkapnya seperti bantal sofa (cushion) yang colourful dan unik. Tak perlu repot-repot untuk membeli bantal sofa baru, cukup kreasikan ide dengan kain atau baju yang sudah tak terpakai lagi di rumah untuk mengganti sarung bantal sofa. Selain hemat biaya, bahan bahan nya juga mudah didapatkan dan cukup mudah untuk dilakukan.

7.      Foto/Gambar Kerajinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERBARU

MENDIDIK ANAK DENGAN CINTA DAN KASIH SAYANG

Kasih sayang merupakan komponen dasar yang utama dalam proses pendidikan dan pembentukan karakter atau akhlak anak. Seorang guru ...